Best Food
nice food
healty Food

Monday, December 13, 2010

What Can You Eat at My School


Buat anak SMAN 6 Bekasi, nggak usah khawatir bakal kelaperan (selama lo punya duit), kantin SMA 6 menawarkan berbagai macam jajanan dan makanan enak yang pastinya pas di kantong kita. Wiiih…Liat deh, seperti itulah kantin kita. Terjajar panjang kesamping…Ada banyak kantin yang buka dengan berbagai macam pilihan makanan dari yang besar sampai yang kecil.
            Pertama nih, ada beberapa kantin yang menjual menu yang sama, yaitu mi instan. Ya, seperti mi instan lainnya, ada yang mi goreng, mi rebus rasa soto, ayam bawang, dan kari ayam. Yang seru nih, kita bisa minta mi itu di tambahin telor atau bakso, tapi baksonya bukan bakso daging yang biasa kita temui, kata temen-temen itu bakso cilok, terbuat dari terigu dan kenyal gitu, tapi tetep ada rasanya dan enak. Semangkuk mi dengan 2 buah bakso dan 1 telor dihargai hanya 4000 rupiah saja! Buat yang nggak suka mi, ada dua kantin yang menerima kalo kita pesen baksonya aja, 500 rupiah untuk 2 bakso, biasanya sih paling enak dimakan pake saos sambal, kecap, dan bawang goreng.
            Okay tour de kantin di mulai...
            Kantin pertama, ada si Teteh yang selain menjual mi instan, menu andalannya adalah sop, ada sop daging yang kalo lo makan pake sepiring nasi harganya 7000 rupiah, terus ada sop ayam dan sop bakso yang kalo pake nasi juga harganya Cuma 5000 rupiah, Cuma ini baksonya bukan bakso cilok, melainkan bakso daging sapi betulan, hehe. Teteh ini juga menjual nasi uduk dan pelengkapnya yang udah di bungkus, gorengan, dll. Sedihnya, tadinya si Teteh ngejual nasi dan berbagai macam lauk warteg, seperti kerang, kikil, sayur tahu, telor dadar, telor balado, orek tempe, tumis kangkung, dll, Cuma nggak tau kenapa nih jadi ganti gini, padahal yang kemaren gue lebih seneng. Kedua, yang ini juga dipanggil Teteh dan juga menjual mi instan, Cuma baru-baru ini si Teteh ngeluarin menu baru, yaitu fried chicken, hehe. Ya, ayam goreng yang digoreng dengan tepung khusus fried chicken ini dijual dengan teman nasi hanya seharga 4500 rupiah untuk yang bagian sayap dan 5000 untuk yang bagian paha. Third, ada emak yang menjual nasi uduk dan berbagai macam lauk pelengkapnya, seperti bihun goreng, ayam suir, telor dadar, orek tempe, dll, harganya bervariasi dari lauk macam mana yang kau pesan, tapi pastinya nggak akan mahal dan ngebuat lo harus pulang jalan kaki, haha. Abis itu, ada Nyak yang ngejual menu warteg, seperti nasi dengan lauk kikil pedas, kerang pedas, usus ayam, tumis kangkung, sayur tahu, sambel goreng kentang, sayur tahu, telor dadar dengan cabai, dll. Bedanya sama Teteh yang pertama, si Nyak ini makanannya nggak ‘sekalem’ Teteh, masakannya lebih puedes, hehe. Sekali lagi, harga bervariasi, tapi sih ya, si Nyak selalu ngasih porsi besar, dan biasanya hanya seribu rupiah untuk beberapa sendok tiap lauk. Lalu ada ibunya Dadang temen sekelas gue, yang menjual soto ayam. Semangkuk soto ayam dengan nasi dapat kita nikmati dengan uang 5000 rupiah. Nah yang gue seneng, meskipun gue bukan penikmat soto, gue selalu ke kantin ini, ngapain? Gue beli kerupuk. Wew, kerupuk ikan (ato temen-temen gue biasa nyebutnya kerupuk keong karen bentuknya mirip) ini rasanya enak banget, hampir setiap hari gue beli kerupuk yang seplastiknya hanya 500 rupiah. Hampir seisi sekolah menikmati kerupuk yang sebenarnya di tujukan untuk makan soto ini. Kalo gue lagi laper padahal gue udah makan 3 kali, biasanya gue ngemil aja kerupuk ini 2 atau 4 bungkus, hehehe.
            Nah 80% kantin di sekolah gue menjual menu minuman yang sama, selain aqua dan minuman dingin lain, mereka menyajikan minuman berupa berbagai rasa Nutrisari atau kopi Goodday dengan beberapa es batu. Harganya hanya 1500 dan 2000 rupiah per gelas. Tapi ada satu kantin yang beda, tertulis disitu Es Be-Zho, yap, Bejo. Bejo menjual sekitar 4 ember besar minuman. Dijual seharga 2000 rupiah kalo dengan gelas, namun seharga 1500 rupiah untuk es teh poci. Minuman yang Bejo jual biasanya rasa susu coklat, stroberi, jus mangga, teh poci, atau es semangka. Minuman-minuman itu terasa spesial karena Bejo selalu menambahkan jelly di minumannya yang berasa susu, atau buah semangka asli, di es semangka tentunya. Cuma kalo lo mau, lo bisa aja membeli es teh poci di plastik dengan hanya membayar seribu rupiah, tapi tentu takarannya beda.
            Nah abis itu, ada rasa baru di kantin kita, karena ada 3 penjual baru, yaitu Bapak Penjual Nasi Goreng, Tante Penjual Spaghetti, dan Abang Penjual Somay. Mulai dari urutan letak kantinnya. Nasi goreng + telor mata sapi dijual di Bapak dengan harga 5000 rupiah, porsinya banyak banget deh. Saran gue sih lo minta ekstra kecap kalo beli. Nggak tau kenapa, tapi telor gorengnya kerasa gurih banget dan enak. Mana letaknya yang pas di samping kelas gue, dan setiap setengah jam menjelang istirajat, gue dan temen-temen sekelas selalu mencium bau telor yang baru saja di goreng, hmmm...Next, Spaghetti yang dijual oleh si Tante juga harganya 5ooo rupiah. Sebagai pelengkapnya, si Tante juga menjual sate sosis dan otak-otak seharga 1500 pertusuk dan mash-potatoes yang dibentuk segitiga dan dibungkus puff pastry di kedua sisinya, ini juga seharga 1500 rupiah. Terakhir, Abang penjual somay nggak Cuma menjual somay, tapi juga batagor, dan martabak mini. Martabak mini adalah menu makanan baru di sekolah gue. Dengan harga 2000 rupiah, lo bisa makan martabak berukuran mini dengan aneka topping sesuka lo, bisa keju, coklat, kacang, susu, saus blueberry atau strawberry, di mix juga boleh.
            Nggak Cuma di kantin, di kelas pun lo bisa dapet makanan, seorang temen gue yang biasa dipanggil Ipi menjual cireng aneka isi dan pisang coklat class to class semuanya hanya seharga 15oo rupiah saja.
            That’s it, banyak banget kan yang bisa lo makan di sekolah gue. Meski dengan harga yang murah dan tampilan sederhana, makanan kantin tetap yang nomor satu disekolah. Bahkan gue yakin banget kalo gue dan semua temen sekolah gue akan kangen dengan rasa makanan-makanan disini kalo udah lulus SMA nanti.
Selamat menikmati, bon appetite...

No comments:

Post a Comment