Best Food
nice food
healty Food

Tuesday, December 14, 2010

Scrapbook

What is scrapbook?
Google bilang kalo scrapbook itu adalah seni unuk melestarikan sejarah keluarga atau momen-momen pribadi kita, yang awalnya scrapbook adalah cara mendaur ulang kertas. Dengan menggunakan kertas yang telah di daur ulang dan sisa-sisa sampah kertas diubah menjadi hiasa-hiasan unik dan menarik yang kemudian ditempelkan di kertas untuk menghias foto.
Scrapbooking sudah dimulai sejak abad ke 15, cuma seiring waktu berjalan dan semakin maju, scrapbook menjadi sangat populer dan dibuat tidak lagi menggunakan kertas daur ulang. Banyak orang justru sengaja mencari kertas dan pernak-pernik lucu untuk mempercantik scrapbooknya. Kemudian banyak home industry di Amerika yang memproduksi kertas khusus untuk scrapbook dengan kualitas yang lebih bagus, dan hobi scrapbooking semakin komersil.
Pada tahun 2007 di Amerika hobi scrapbooking menjadi lebih populer mengalahkan golf dan jumlah scrapbookers pun menjadi semakin banyak.
Kenapa banyak orang menyukai scrapbook? Melihat album foto biasa atau di facebook saja sudah menyenagkan dan dapat memanjakan mata, apalagi melihat buku tahunan. Dan scrapbook tentu lebih bagus daripada itu, dengan berbagai macam hiasan buatan tangan dan foto-foto lucu serta tulisan yang memperkaya maknanya. Jelas saja semakin banyak orang tergila-gila akan scrapbook. Dan scrapbook juga mempunyai fungsi yang cukup bagus sebagai media memori akan setiap kejadian yang terjadi di hidup kita.
Tapi sih yaaa...scrapbook modern tidak murah tentunya. Apalagi jika masyarakat Indoesia menggunakan kertas impor dengan kualitas yang bagus, mencetak foto juga, emang sih nyetak foto ukuran 3x4 cuma 1000 rupiah, tai gimana kalo yang kita cetak ukuran 5R sebanyak 30 buah untuk 25 halaman scrapbook? Belum lagi hiasan-hiasannya, banyak toko paper art yang khusus menyediakan payet, gliter, pita, stiker, dan kertas warna khusus untuk scrapbook. Hmmm kira-kira berapa total budgetnya ya? Bahkan ada toko yang khusus menyediakan jasa pembuatan scrapbook seharga 200.000 rupiah perbuku.
Tapi tentunya akan lebih bagus kalo kita bisa pake bahan-bahan daur ulang..(ingat, go green).
 
How to scrapbooking?
Nggak usah terpaku dengan beberapa simple steps to start scrapbook yang disediakan di internet, berkreasilah sendiri! Intinya sih cuma gunting, tempel, dan hias. Lakukanlah sesukamu.
Atau kalo lo males, bisa coba digital scrapbooking. Siapa tau SmileBox bisa membantu.
Gimana, tertarik?

No comments:

Post a Comment