Best Food
nice food
healty Food

Sunday, January 23, 2011

Kurang Ide, You've Got to Be Kidding !

Satu hal yang biasanya dikeluhkan oleh para blogger adalah kekurangan ide. Semangat untuk berproduksi dan berkreasi hanya muncul lebih dan lebih dalam minggu-minggu awal, untuk menunjukkan eksistensi diri bahwa mereka pantas untuk diperhitungkan sebelum mereka “stuck” berproduksi dan berkreasi beberapa waktu kemudian.
In this case, jika boleh aku bertanya sedikit banyak tentang kalian, apakah kalian juga mengalami hal seperti yang aku sebutkan diatas?
Kalau aku iya, hingga aku sadari bahwa sebenarnya yang aku alami bukanlah kekurangan ide, tapi justru sebaliknya, kelebihan ide yang malah menjadikan tidak berproduksi pun berkreasi lagi.
Anggaplah, menyia-nyiakan ide tersebut dan hanya membuangnya ke tong sampah.

Gejala, bukan Penyakit

Beberapa orang sepertinya telah menganggap bahwa kekurangan ide tersebut a kind of disease, alias penyakit, padahal tidak, itu hanyalah sebuah gejala.
Jika so far kalian merasa kurang kreatif, mungkin karena belum bisa menyadari secara penuh apa yang ada di sekeliling dan bagaimana mengembangkannya – dan, hal itu bukan penyakit – melainkan sebuah gejala yang timbul akibat pendekatan yang kurang sesuai, yang seakan-akan membuat kebuntuan yang luar biasa. Make sense kan…
Kita manusia, memang dibangun untuk berkreasi dari setiap masalah yang ada, dan dengan menghadapi masalah tersebut, kita bisa merasa hidup. So, suka tidak suka, mau tidak mau, memang bergitulah caranya, mengasah kreatifitas dari masalah, dan as a blogger, bukan hanya duduk di depan komputer, spell that you want a great idea/article, without doing nothing.

Manajemen Ide Vs Emosi

Berdasarkan pengalamanku, seringkali aku mendapatkan banyak ide bagus untuk ditulis, rata-rata adalah implementasi kehidupan nyata yang coba aku kembangkan pada blogging. Dan seringkali pula, aku merasa sedang tidak mood untuk menulis. Bagaimana mengatasinya?
Buka Dashboard, then Write Post, dan aku isikan ide yang aku dapat tersebut sebagai judul. Setelah itu Save. That’s all!
A couple hours later, aku buka kembali dan coba untuk tetap menulis, entah dalam kondisi masih tidak mood ataupun apa. In case, jadi kurang terarah, setelah kelar, edit.
“Jangan terlalu memanjakan perasaan dalam hal apapun, apalagi pekerjaan!”, begitu kalimat yang pernah diucapkan my best friend.
Dan, memang benar adanya jika kita memang harus bisa seperti itu, karena jika tidak, terlebih jika terkait dengan pekerjaan, sisi profesionalitas bisa kabur, hehe…

Thinking to have a Bank of Ideas?

Secara general, jika ditanya apa yang diharapkan oleh blogger mungkin adalah Bank yang berisikan ide-ide yang bisa menjadi sumber publikasi. Dimana Bank Ide tersebut berada atau bagaimana cara memilikinya, kadang pertanyaan tersebutlah yang justru memicu kebuntuan kekurangan ide.
Coba lihatlah sekeliling, itulah Bank Ide. Kalian bisa mendapatkan banyak ide dari hal-hal nyata yang ada dalam kehidupan kalian, dan mengimplementasikannya dalam blog.
Contoh 1: melihat profile orang-orang sukses dari cara berpakaian, berkomunikasi, berpromosi, berstrategi, berkomentar, dll. Bagaimana halnya dengan Blog? Apakah blog kalian, overall, mendukung untuk menjadi blog yang sukses atau tidak baik?
Silakan perhatikan, profile orang sukses diatas adalah sumber ide, pengembangannya adalah implementasi pada blog (artikel) seturut dengan pertanyaan yang kemudian muncul setelahnya.
Contoh 2: dalam hal make money – sama dengan hal yang ada pada kehidupan nyata, dimana kita harus bekerja keras, pun dengan blog. Kita dituntut untuk membuat content yang berkualitas, promosi,dll, agar trafik datang, karena dari trafik tersebutlah uang bisa tercipta.
Contoh 3: menulis berbasis minat. Maksudku, kalian menulis blog sesuai dengan minat atau hobi kalian. Dengan begitu, kalian tidak akan kekurangan ide untuk menunlis. Aku beri contoh ya, seorang teman kantorku adalah penggemar hamster, so dia buat blog tentang tips, pernik, pun pet shop yang menjual hamster di Jakarta.
Instan? Oh, tidak sama sekali guys… Segala sesuatu yang ada di bumi itu butuh proses, tidak pernah ada hal yang instan, dan memang seperti itulah cara kerjanya.

More Ideas?

Adakah blogger yang tidak suka membaca? Jika ada dan sukses, mungkin MURI tempat yang bagus untuk mengabadikannya, karena hal tersebut tentulah luar biasa sekali. Tidak suka membaca, berarti jauh dari sosialisasi antar blogger (komentar, dll). Sukses? Tunggu dulu…
My point here, aturlah waktu lebih baik antara aktifitas blogging (producing article, etc) dan reading. Subscribe-lah ke blog populer baik yang dari dalam negeri, ataupun luar negeri untuk menambah pengetahuan kalian, sebelum men-share-kannya dari point of view pribadi dalam sebuah artikel. Mudah bukan…
What dou think about my phrase? Do you have another example to prove it? Any suggestion? Share it now!

taken from Urban Blog.

No comments:

Post a Comment