Best Food
nice food
healty Food

Saturday, July 10, 2010

Pekan Produk Kreatif Indonesia 2010


PPKI ini diselenggarakan di JCC Senayan, tanggal 23-27 Juni 2010. Acara yang menjadi program kerja besar pemerintah (didukung oleh 12 departemen) merupakan eksekusi dari program Indonesia Kreatif tahun ini.

Bagian kerajinan dan furniture bisa dibilang yang paling bagus. Menurut ibu saya yang dari dulu memang hobi ke pameran kerajinan, harganya tergolong miring. Bisa jadi, karena sewa tempat disini disediakan gratis oleh penyelenggara acara, sehingga para pengrajin tidak perlu membayar uang sewa yang mahal.

Daerah fashion juga tidak kalah menarik dengan deretan berbagai kain tradisional sampai baju rancangan desainer-desainer kenamaan. Namun sayangnya, kurang banyak fashion untuk anak muda. Ada sih deretan beberapa distro, namun itu tidak cukup. Misalnya saja merk-merk yang dijual di Jakarta Brightspot Market. Sehingga, nampaknya lebih ke arah ibu-ibu atau wanita kerja.



Hall mengenai teknologi dan pertelevisian lain lagi. Ada berbagai teknologi yang di display oleh LIPI, namun display nya kurang menarik sehingga produk-produknya juga tidak tampak wow. Di bagian dalam banyak stan tentang pertelivisan serta recording label. Ada juga live audisi casting untuk jadi presenter atau artis.
Yang cukup berbeda dari pameran ini adalah banyaknya sisi lain yang dibahas. Diadakan berbagai konvensi tentang microfinance, HAKI, perlindungan hkum, dan segala macem. Sehingga ini menjadi acara terintegrasi yang bisa membahas segala aspek dari industri kreatif tersebut, dari mulai pembiayaan sampai perlindungan hukumnya. Tak hanya itu, banyak juga stan dari bank-bank yang menyediakan kredit khusus untuk para UKM. Tempat ini bisa menjadi one stop information untuk para pelaku bisnis industri kreatif.

Namun yang agak mengecewakan, sangat sedikit sekali stan dan info tentang aristektur. Begitu juga periklanan. Padahal, dua bidang yang menjadi bagian dari industri kreatif ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dipamerkan. Apalagi rasanya belum pernah ada pameran terintegrasi tentang bidang-bidang tersebut. Sedangkan untuk industri kerajinan misalnya, sebenarnya sudah sering ada pameran-pameran besar seperti Inacraft.

Di luar itu semua, ada satu hal yang menyenangkan dari pergi ke acara seperti ini : ada justifikasi untuk belanja. Ketika kita mengeluarkan cukup banyak uang untuk membeli produk-produk lokal, semacam ada pembanaran bahwa uang itu akan bermanfaat “untuk memajukan pengrajin dan produksi dalam negri”.

No comments:

Post a Comment